Surga begitu dekat, kejarlahh!!!

posted nov, 24 2012 by. afida al-hafsah_

Rasul SAW bersabda: ” Surga lebih dekat pada salah satu diantara kamu, dari telapak kaki, demikian juga neraka”(HR.Al-Bukhari). Berusahalah untuk mendapatkan kenikmatan dan ridha Allah SWT di surga. Ketahuilah jika kiamat telah datang, maka suasana berubah menjadi lain. Berakhir pula masa penantian panjang di alam kubur. mau tidak mau semua makhluk terutama manusia harus siap menghadapi yaumul hisab; hari pengadilan Ilahi. Mereka berkumpul disebuah tempat yang sangat luas. Cukup untuk semua manusia semenjak dari manusia pertama diciptakan sampai diakhir jaman. tempat itu bernama Padang Mahsyar. Tak ada tempat berteduh selembar daun pun. sementara itu matahari tepat di atas kepala, jaraknya begitu dekat dan panasnya seakan akan membakar semua yang ada. Sungguh sengsara proses pengadilan ilahi dilaksanakan. semua orang menunggu dengan harap harap cemas seperti murid murid menanti kelulusan sekolah. bahkan kecemasannya lebih lebih lebih dari itu. sebab keputusan hisab (pengadilan ilahi) itu menentukan hisab selama lamanya.

setelah proses pengadilan selesai. semua makhluk duduk berlutut menunggu peristiwa apa yang akan terjadi dan menimpa merekan. sebagaimana dalam Firman Allah SWT : Pada hari itu engkau melihat setiap umat diperintah (untuk melihat) buku catatan amalnya. pada hari itu pula kamu dibalas setimpal dengan perbuatanmu (yang kamu kerjakan di dunia). inilah kitab Kami, menjelaskan dengan benar kepadamu. Sesungguhnya Kami telah menyuruh (malaikat) mencatat setiap perbuatanmu. (QS. Al-Jatsiyah 27-28)

semua orang duduk berlutut dengan raut wajah yang berbeda beda. sebagian di antara mereka ada yang murung, ada pula yang merah padam dan tegang. sedangkan yang lainnya, merasa berseri seri, ada semangat baru untuk menapaki kehidupan yang menyenangkan, sebagian lainnya merasa gelisah dan tidak tenang.

“pada hari ini kalian akan tahu secara pasti, siapa orang orang yang terhormat dalam penilaian Allah. bagi orang orang yang selalu memuji Allah pada setiap kesempatan dan keperluannya ketika di dunia. maka sekarang berdirilah ! ” demikian diserukan pada saat itu.

orang orang ketika didunia selalu beramal taat dan memuji Allah, kemudian berdiri. mereka itu baru saja menerima buku catatan dengan tangan kanan, nisab mereka sangat beruntung. semua manusia disaat itu memalingkan pandangannya kepada orang tersebut. semuanya merasa ingin seperti mereka. semuanya mengagumi mereka. lalu masing masing hati timbul penyesalan, mengapa ketika didunia dulu aku tidak berbuat seperti orang orang itu.

“pada hari ini kalian semua akan tahu secara pasti siapakah orang orang yang terhormat dalam penilaian Allah. mereka adalah orang orang yang suka mengerjakan sholat tahajud disamping ibadah ibadah lainnya. karena itu, kepada orang orang yang ketika didunia rusuk dan lambungnya jauh dari pemmbaringan karena jarang tidur untuk melakukan sholat tahajud, kalian yang selalau memohon pada Tuhan karena rasa takut dan harapan, karena kalian memanfaatkan harta yang Ku karuniakan di jalan yang benar, SILAKAN BANGKIT DAN BERDIRI !” demikian diserukan kepada mereka.

orang orang yang ketika di dunia tekun menjalankan ibadah, tekun sholat lail(tahajud), memanfaatkan hartanya di jalan kebenaran. yang selalu memohon kepada Allah karena takut neraka, selalu mohon dengan harapan masuk surga, semua berdiri. wajah wajah mereka berseri seri. semua mata tertuju orang orang gtersebut . mereka kagum dan merasa ingin seperti nasib orang orang itu.

kemudian ada seruan lagi, “Berdirilah kalian yang ketika di dunia berniaga tetapi tetap mengingat Allah dan menghindari masalah masalah syubhat serta riba!”

satu persatu mereka berdiri dari duduknya, wajahnya menampakkan semangat hidup yang luar biasa. cerah berseri.

diserukan, ” wahai sekalian manusia, lihatlah mereka yang berdiri ini adalah orang orang yang ketika di dunia mereka sangat berhati hati menjaga diri dan keluarganya dari riba, kemaksiatan, dan hal yang bersifat subhat. mereka juga tekun menjalankan sholat dan berzikir untuk mengingat-Ku, terhadap kewajiban zakat mereka tidak pernah lalai sedikit pun. sedekah juga rajin. karena itu pantaslah jika mereka kuperintahkan untuk berdiri dan menyambut kehidupan yang menyenangkan di surga.!”

sifat manusia yang demikian itu karena orang orang tersebut mempunyai fondasi keimanan dan ketaqwaan . mereka juga rajin dalam beribadah, tak pernah sedikitpun meninggalkan sholat.

tiba tiba ada seruan ,” siapakah diantara kalian yang berlaku sabar. berdirilah!” orang orang yang merasa ketika di dunia dirinya sabar kemudian berdiri. wajahnya terpancar kegembiraan. sedangkan mereka yang masih duduk bertekuk lutut sama sama memandangnya. ” inilah orang orang yang ketika di dunia selalu sabar menghadapi cobaan. jika mereka dianiaya, akan disambut dengan lapang dada dan memaafkannya. maka pantaslah mereka masuk surga”.

sesaat setelah itu, ada seruan dari Allah, ” siapakah diantara kalian yang saling mengasihi sesama manusia semata karena Allah? silakan berdiri!”. orang orang yang merasa saling mengasihi sesama manusia karena aqidah dan semata karena Allah berdiri. dikatakan ” wahai seluruh manusia lihatlah! orang orang ini adalah dahulu saling menyayangi , melindungi , tolong menolong. semua dilakuakn ikhlas karena Allah.”

kemudian ada seruan untuk orang orang tersebut ” Masukklah kedalam surga. itulah sebaik baiknya pahala bagi orang yang berbuat kebaikan ” . kemudian berbondong bondong kelompok manusia yang berjalan begitu cepat menuju surga. malaikat merasa heran. ” siapakah kalian ?” tanya malaikat. “kami adalah orang orang yang ketika didunia selalu sabar menghadapi cobaan / ujian dari Allah. setiap musibah yang menimpa kami terima dengan ikhlas dan kami cari hikmah di balik semua itu. kami tak pernah suudzan kepada Allah” jawab mereka. ada seruan, “silakan kalian semua masuk surga yang telah dijanjikan Allah. bersenag senanglah di dalamnya!”. jadi kejarlah surga itu dengan hal hal baik di antaranya Senang membaca Al-Quran, merasa selalu diawasi Allah, berbakti kepada orang tua, berteguh iman, istiqomah, rajin melakukan sholat, berhubungan baik dengan tetengga, berhubungan baik dengan tetangga.

ayooo… kita berlomba lomba beribadah…❤

 

semoga bermanfaat😀

always luv u al ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s